This is Delphi, A free premium blogger theme for you.

Jumat, 26 Juli 2013

         Tunneling merupakan suatu cara untuk engenkapsulasi (membungkus) paket IP didalam IP yang lain. Dimana titik dibelakang IP Tunnel akan memberikan paket IP melalui Tunnel yang dibuat dan mengirimkannyake sebuah titik dibelakang tunnel yang lain. Atau tunneling berarti suatu cara membuat jalur private (lokal) dengan menggunakan infrastuktur pihak ketiga/ jalur public (Internet)

Berikut ini merupakan beberapa teknologi tunneling yang sudah ada :
1. SNA Tunneling over IP internetwork
2. IPX Tunneling for Novel Netware over IP Internetwork

Sedangkan teknologi tunneling yang baru diperkenalkan adalah :

1. Point to Point Tunneling Protocol (PPTP)
        PPTP memungkinkan untuk mengenkripsikan paket IP, IPX dan NETBEUI lalu              mengenkapsulasi dalam IP header untuk kemudian ditransfer melalui jaringan internet.


2. Layer Two Tunneling Protocol (L2TP)
        L2TP memungkinkan untuk mengenkripsikan paket IP, IPX dan NETBEUI untuk           kemudian dikirim melalui media yang mendukung point-to-point datagram seperti, IP,         X.25, Frame Relay dan ATM.


3. IPSEC Tunnel mode
        IPSEC memungkinkan untuk mengenkripsikan paket IP, mengenkapsulasikannya dalam     IP header dan mengirimkannya melalui jaringan internet.

        Agar saluran atau tunnel dapat dibuat, maka antara klien dan server harus                   menggunakan protokol yang sama. Teknologi tunneling dapat dibuat pada layer 2 atau       layer 3 dari protokol tunneling. Layer-Layer ini mengacu pada model OSI (Open            System Interconnection). Layer 2 mengacu kepada layer datalink dan menggunakan          frame sebagai media pertukaran.


       PPTP dan L2TP adalah protokol tunneling layer 2. Keduanya mengenkapsulasi data        dalam sebuah frame PPP untuk kemudian dikirim melewati jaringan internet. Layer 3          mengacu kepada layer Network dan menggunakan paket-paket. IPSEC merupakan              contoh protokol tunneling layer 3 yang mengenkapsulasi paket-paket IP dalam sebuah        header IP tambahan sebelum mengirimkannya melewati jaringan IP.

0 komentar:

Posting Komentar

Páginas vistas en total

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Buscar